RPP Bahasa Inggris Berkarakter SD Kelas 1-6 Semester I-II
RPP Bahasa Inggris Berkarakter SD/MI - Selamat siang, hari ini saya akan memberikan kepada anda para bapak/ibu guru tentang RPP Bahasa Inggris Berkarakter yang bisa anda dapatkan secara lengkap untuk kelas 1,2,3,4,5 dan 6. Lebih lanjut, RPP Bahasa Inggris ini sudah lengkap untuk dua semester pendidikan. Namun sebelum kepada inti, izinkan saya untuk sejenak kembali mengulang lagi tentang pengertian dari sebuah RPP bagi bapak/ibu guru.
Pengertian RPP
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup satu kompetensi dasar yang terdiri atas satu indikator atau beberapa indikator untuk satu kali pertemuan atau lebih.
RPP merupakan persiapan yang harus dilakukan guru sebelum mengajar. Persiapan disini dapat diartikan persiapan tertulis maupun persiapan mental, situasi emosional yang ingin dibangun, lingkungan belajar yang produktif, termasuk meyakinkan pembelajar untuk mau terlibat secara penuh. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan silabus mempunyai perbedaan, meskipun dalam hal tertentu mempunyai persamaan. Silabus memuat hal-hal yang perlu dilakukan siswa untuk menuntaskan suatu kompetensi secara utuh, artinya di dalam suatu silabus adakalanya beberapa kompetensi yang sejalan akan disatukan sehingga perkiraan waktunya belum tahu pasti berapa pertemuan yang akan dilakukan. Sementara itu, rencana pelaksanaan pembelajaran adalah penggalan-penggalan kegiatan yang perlu dilakukan oleh guru untuk setiap pertemuan. Didalamnya harus terlihat tindakan apa yang perlu dilakukan oleh guru untuk mencapai ketuntasan kompetensi serta tindakan selanjutnya setelah pertemuan selesai.
Tujuan Pembuatan RPP
- Mempermudah dan meningkatkan hasil dari proses kegiatan belajar mengajar (KBM)
- Guru dapat mengamati, menganalisa, mengevaluasi dan meningkatkan kinerjanya dikarenakan sudah dilakukan perencanaan yang tertata rapi
- Mengacu pada kompetensi dan kemampuan dasar yang harus dikuasai siswa, serta materi dan submateri pembelajaran, pengalaman belajar yang telah dikembangkan didalam silabus;
- Menggunakan berbagai pendekatan yang sesuai dengan materi yang memberikan kecakapan hidup ( life skill ) sesuai dengan permasalahan dan lingkungan sehari-hari;
- Menggunakan metode dan media yang sesuai, yang mendekatkan siswa dengan pengalaman langsung;
- Penilaian dengan system pengujian menyeluruh dan berkelanjutan didasarkan pada sistem pengujian yang dikembangkan selaras dengan pengembangan silabus.