-->

Lihat Formasi CPNS Bagi Lulusan SMA Sederajat di Kementerian Tahun 2019

Lowongan Kerja CPNS SMA/Sederajat - Pegawai Negeri Sipil bukan hanya diperuntukkan para lulusan S1 ke atas ataupun tenaga Honorer. Sekarang lulusan SMA/sederajat pun bisa ikut berpartisipasi berlomba untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil. Bahkan tidak sedikit jumlah kebutuhan yang disediakan oleh masing-masing  instansi. Bagi anda yang baru lulus SMA kemudian belum berkeinginan melanjutkan kuliah, sepertinya kesempatan ini tak boleh disia-siakan. Berikut ini akan kita share beberapa lowongan CPNS di Kementrian, yang mungkin anda tertarik untuk mencobanya.



1. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)

Sesuai dengan Peraturan Menteri KLHK PG.1/SETJEN/ROPEG/Peg.O/11/2019, setidaknya ada 80 formasi yang disediakan untuk para lulusan SMA/Sederajat. Tersedia didalamnya untuk Jabatan Pelaksan Pemula dan Pemula Polisi Kehutanan saja. Untuk info lebih lanjut, anda bisa membuka situs resmi mereka pada https://ropeg.menlhk.go.id.


2. Kementerian Pertanian

Berikutnya yang juga membuka seleksi CPNS 2019 jalur SMK ialah Kementerian Pertanian. Kementerian Pertanian total membuka 45 formasi di lingkungannya.

Hal itu sesuai dengan pengumuman Nomor: 4456/KP.110 /A/09/2019 tentang Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pertanian Republik Indonesia Tahun Anggaran 2019.

Pembagian jabatannya antara lain Pelaksana Pemula/Pemula-Paramedik Karantina Hewan, 26 kursi, Pelaksana Pemula/Pemula-Paramedik Veteriner, 9 kursi, Pelaksana Pemula/Pemula-Pengawas Benih Tanaman, 2 kursi, Pelaksana Pemula/Pemula-Pengawas Mutu Pakan, 5 kursi, Pemelihara Kebun, 2 kursi, dan Pelaksana Pemula/Pemula-Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan, 1 kursi.

Informasi selengkapnya dapat dilihat pada situs https://cpns.pertanian.go.id .

3. Kemenkumham

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menjadi salah satu kementerian yang membuka formasi di CPNS 2019 untuk jenjang SMA sederajat.

Hal itu sesuai dengan pengumuman yang sebelumnya telah dikeluarkan melalui situs resmi Kemenkumham pada Jumat (1/11/2019).

Total terdapat 3.532 formasi yang disediakan untuk lulusan SMA sederajat atau lulusan SMA/SMK/MA.

Adapun alokasi formasi 2.875 untuk lulusan SMA sederajat dengan jabatan Penjaga Tahanan, yang disediakan untuk 101 putra/putri Papua dan Papua Barat dan 2.774 untuk formasi umum.

Selain itu, Kemenkumham juga menyediakan sebanyak 2.774 formasi umum yang terdiri dari 2.497 pria dan 277 wanita.

Adapun 2.875 formasi itu tersebar di 33 kantor wilayah.

Selain itu, lulusan SMA juga dapat mendaftar pada jabatan Pemeriksa Keimigrasian Pelaksana/Pemula yang disediakan Kemenkumham sebanyak 657 formasi.

Dari 657 formasi tersebut, terbagi atas 9 formasi khusus Papua dan Papua Barat dan 588 formasi umum.

Informasi selengkapnya dapat dilihat pada situs https://cpns.kemenkumham.go.id.

4. Kejaksaan Agung

Instansi berikutnya yang membuka seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 untuk jalur SMA sederajat adalah Kejaksaan Agung Republik Indonesia. Kejaksaan Agung membuka total 2.000 formasi seleksi CPNS 2019 untuk lulusan SMA sederajat. Hal itu sesuai dengan pengumuman nomor PENG - 01 /C/Cp.2/11/2019 tentang Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Kejaksaan Republik Indonesia Tahun Anggaran 2019.

Adapun dari total jumlah formasi tersebut, terbagi menjadi dua jabatan, yakni sebagai pengawal tahanan atau pengawal narapidana dan pengemudi tahanan. Pengawal tahanan atau pengawal narapidana sebanyak 1.000 formasi sedangkan pengemudi tahanan juga sama, 1.000 formasi. Untuk pengawal tahanan atau pengawal narapidana, dibutuhkan formasi putra-putri Papua sebanyak 2 orang dari 1.000 formasi.

Sementara sisanya sekitar 988 orang, dialokasikan untuk umum. Sama seperti pengawal tahanan atau pengawal narapidana, kuota pengemudi tahanan juga dibagi dalam 2 jenis formasi, yakni putra-putri Papua sebanyak 2 orang dari 1.000 formasi dan 988 orang dialokasikan untuk umum. Informasi selengkapnya dapat dilihat pada situs https://rekrutmen.kejaksaan.go.id.

5. Kemendikbud


Lalu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga turut membuka seleksi CPNS 2019 untuk jalur SMA/SMK. Hal itu sesuai dengan pengumuman yang dikeluarkan Kemendikbud No: 126533/A.A3/KP/209 tentang Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019. Total terdapat 11 formasi yang terbagi atas tiga jabatan. Yakni Pengadministrasi Keuangan sebanyak 3 formasi, Teknisi Laboratorium, 2 formasi, dan Teknisi Pemetaan dan Penggambaran, 6 formasi. Informasi selengkapnya dapat dilihat pada situs https://cpns.kemdikbud.go.id.

6. Badan Intelijen Negara 

Badan Intelijen Negara ( BIN ) merima 200 lulusan SMA atau sederajat menjadi CPNS untuk mengisi posisi pranata komputer pelaksana pemula pada Sub Direktorat Liaison Direktorat Kerja Sama Internasional, Deputi Bidang Intelijen Luar Negeri.

Selengkapnya anda bisa kunjungi Link bin.go.id

7. Kementerian Perhubungan

Total terdapat 85 kursi untuk lulusan SMK/SMA.

Namun, mayoritas formasi membutuhkan persyaratan ketrampilan tambahan seperti sertifikat Basic Safety Training (BST) dan Bahasa Inggris.

Formasi untuk lulusan SMA/SMK ini tersebar di berbagai jabatan seperti Jenang Kapal, Kelasi, Juru Mudi, Kepala Kamar Mesin, Kerani, Petugas Avation Security.

Selengkapnya link pengumuman CPNS Kemenhub bisa kamu akses di tautan ini: LINK

Jika anda butuh panduan untuk menghadapai test, dibawah ini beberapa daftar latihan soal yang bisa anda unduh untuk dipelajari secara offline. Semoga bermanfaat!

  1. Bank soal CPNS semua Jurusan Unduh Disini
  2. Buku CPNS panduan Resmi 544 halaman Unduh Disini
  3. Penakluk soal CPNS 1 Jam 274 Halaman Unduh Disini
  4. Kisi-kisi TKD CPNS TWK TIU TKP 212 Halaman Unduh Disini
  5. Super Jitu Lolos CPNS 341 halaman Unduh Disini
  6. E Book CPNS Terlengkap Unduh Disini
  7. E Book CPNS Terbaru Unduh Disini
  8. E Book CPNS Terkini Unduh Disini
  9. E Book CPNS Terupdate Unduh Disini
  10. All New Tes CPNS Unduh Disini
  11. Full Strategi Lolos CPNS 5 Jurusan Unduh Disini
  12. Rangkuman Diskusi Histori Unduh Disini
  13. penakluk Tes Soal CPNS Unduh Disini
  14. Aplikasi Latihan Offline 1 Unduh Disini
  15. Aplikasi Latihan Offline 2 Unduh Disini
  16. Aplikasi Latihan Offline Psikotes Unduh Disini


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel