-->

Silabus Bahasa Indonesia SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018/2019

Hai sobat semua, artikel Silabus Bahasa Indonesia SD/MI Kurikulum 2013 (K13) Revisi Terbaru Tahun ajaran 2018/2019 ini berisi tentang penjelasan mengenai isi dari silabus yang telah diterbitkan oleh Kemendikbud RI yang telah disalurkan kepada seluruh guru-guru yang mengajar di Indonesia, namun pendistribusian silabus ini tidak langsung diberikan kepada para guru, namun akan dibahas pada tutor K13 yang telah ditunjuk, Maka dari itu kami disini akan membagikan file Silabus Bahasa indonesia SD/MI pada kurikulum terbaru yaitu K13.



Pada artikel ini juga akan kami berikan cuplikan isi serta gambaran umum mengenai isi dari Silabus yang akan digunakan pada Semester 1 dan Semester 2 Tahun ajaran 2018/2019 ini. Jadi sebelum anda mendownload, anda juga dapat melihat beberapa kompetensi inti dan kompetensi dasar pada setiap materi yang akan diberikan kepada anak didik pada kelas 1,2,3,4,5 dan 6 SD/MI.

Berikut ini adalah gambaran umum dan cuplikan isi dari Silabus tersebut;

SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH (SD/MI)

I. PENDAHULUAN

Mata pelajaran Bahasa Indonesia dimaksudkan untuk membina dan mengembangkan kepercayaan diri peserta didik sebagai komunikator, pemikir imajinatif, dan warga negara Indonesia yang melek literasi dan informasi.Pembelajaran Bahasa Indonesia bertujuan membina dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan berkomunikasi yang diperlukan peserta didik dalam menempuh pendidikan dan di dunia kerja serta lingkungan sosial.
Silabus ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru.
Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh peserta didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan  pendidikan peserta didik.
Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulankeunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas.
Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metodedan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan peserta didik.
Pembelajaran di SD/MI dari kelas I sampai dengan kelas VI dilaksanakan sebagai pembelajaran tematik terpadu. Silabus Tematik Terpadu telah disusun terpisah dengan dokumen ini sebagai acuan dalam melaksanakan perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan di sekolah. Namun demikian, bagi guru yang ingin menyusun pembelajaran tematik terpadu dapat menggunakan Silabus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia ini dan silabus mata pelajaran lainnya di SD/MI

Kompetensi Setelah Mempelajari Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah;

Kelas Rendah( I – III)

  1. Menggunakan bahasa secara efektif sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
  2. Menghargai bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
  3. Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat untuk berbagai tujuan
  4. Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kematangan emosional dan sosial.
  5. Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti
  6. Menghargai sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
Kelas Tinggi (IV-VI)


  1. Menggunakan bahasa secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
  2. Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
  3. Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
  4. Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
  5. Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
  6. Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
Kerangka pengembangan kurikulum Bahasa Indonesia SD/MI Kelas I sampai dengan VI mengikuti struktur pengorganisasian Kompetensi Inti sebagai berikut ini.

Kelas I Kelas II Kelas III
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 1: Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 1: Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI 2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI 2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
KI 3: Memahami pengetahuan, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 3: Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 3: Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

Kelas IV Kelas V Kelas VI

KI 1: Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 1: Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 1: Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
KI 2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
KI 3: Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di tempat bermain
KI 3: Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain

KI 3: Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di tempat bermain

Ruang Lingkup Materi Bahasa Indonesia untuk SD/MI:
Kelas I

  1. Membaca dan menulis permulaan
  2. Lambang bunyi vokal dan konsonan
  3. Kosakata anggota tubuh dan panca indra
  4. Kosakata kesehatan
  5. Kosakata berbagai jenis benda
  6. Kosakata peristiwa siang dan malam
  7. Ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk
  8. Kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggal
  9. Kosakata hubungan kekeluargaan
  10. Puisi anak/syair lagu
Kelas II

  1. Ungkapan, ajakan, perintah, dan penolakan
  2. Kosakata dan konsep keanekaragaman benda
  3. Kosakata dan konsep lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya
  4. Kosakata dan konsep lingkungan sehat dan tidak sehat
  5. Puisi anak
  6. Budaya santun (permintaan maaf/tolong) sebagai gambaran sikap hidup rukun
  7. Tulisan tegak bersambung dan huruf kapital serta tanda titik
  8. Dongeng binatang (fabel)
  9. Kata sapaan
  10. Huruf kapital dan tanda titik
Kelas III

  1. Informasi tentang perubahan wujud benda
  2. Informasi tentang sumber dan bentuk energi
  3. Informasi tentang perubahan cuaca
  4. Kosakata dan konsep ciri-ciri kebutuhan, pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup
  5. Informasi tentang caracara perawatan tumbuhan dan hewan
  6. Informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
  7. Informasi tentang konsep delapan arah mata angin
  8. Dongeng
  9. Lambang/simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara
  10. Ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah
Kelas IV

  1. Gagasan pokok dan gagasan pendukung
  2. Keterhubungan antargagasan
  3. Informasi dari tokoh melalui wawancara
  4. Teks petunjuk
  5. Pendapat pribadi tentang isi buku sastra
  6. Amanat puis
  7. Pengetahuan baru pada teks nonfiksi
  8. Membandingkan hal yang sudah
  9. diketahui dengan hal yang belum diketahui dari teks nonfiksi
  10. Tokoh-tokoh pada teks fiksi
  11. Watak tokoh pada teks fiksi
Kelas V

  1. Pokok pikiran
  2. Informasi dari unsur apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana
  3. Teks penjelasan (eksplanasi)
  4. Informasi dari iklan
  5. Informasi dari teks narasi sejarah
  6. Isi dan amanat pantun
  7. Konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi
  8. Teks surat
Kelas VI

  1. Teks laporan hasil pengamatan
  2. Teks penjelasan (eksplanasi)
  3. Teks pidato
  4. Informasi dari buku sejarah yang mengandung unsur apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana
  5. Karakteristik teks puisi dan prosa
  6. Petunjuk dan isi teks formulir
  7. Perkiraan informasi dan informasi dari isi teks nonfiksi
  8. Tuturan, tokoh dan tindakan tokoh, tokoh dan pengalaman pribadi, serta tuturan penulis pada teks fiksi
II. KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN, DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

A. Kelas I

Alokasi Waktu: 8 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karaktersitik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan Kompetensi Sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.

Kompetensi Dasar

3.1 Memahami kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang) dengan cara yang benar
4.1 Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang) dengan benar

Materi Pembelajaran

Persiapan membaca permulaan (sikap duduk, jarak mata dengan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku)

Kegiatan Pembelajaran

Mengamati kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang) sesuai yang disajikan guru
 Memeragakan kegiatan persiapan membaca permulaan dengan cara yang benarsesuai dengan yang dicontohkan oleh guru (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang)
Melakukan kegiatan persiapan membaca permulaan yang benar berdasarkan pengalaman peserta didik untuk menguatkan pembiasaan yang benar

Kelas II

Alokasi Waktu: 9 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karaktersitik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan Kompetensi Sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.

Kompetensi Dasar

3.1 Memahami ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun

Materi Pembelajaran

Ungkapan ajakan, perintah, penolakan

Kegiatan Pembelajaran
Mengidentifikasi ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
Mengucapkan kembali ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun sesuai yang dicontohkan guru
Membuat kalimat berisi ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dengan bahasa yang santun

Kelas III

Alokasi Waktu: 10 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karaktersitik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan Kompetensi Sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.

Kompetensi Dasar

Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, dan visual (gambar, film)
4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif

Materi Pembelajaran

 Teks laporan hasil observasi
 Perubahan wujud benda

Kegiatan Pembelajaran

Mencari dan menemukan informasi penting tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, dan visual (gambar, film)
Menyampaikan hasil temuan berdasarkan informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan seharihari secara lisan, tulis, dan visual (gambar, film) dengan menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif.

Kelas IV

Alokasi Waktu: 7 jam pelajaran/minggu
selengkapnya bisa download filenya langsung

Kelas V

Alokasi Waktu: 7 jam pelajaran/minggu
selengkapnya bisa download filenya langsung
Kelas VI
Alokasi Waktu: 7 jam pelajaran/minggu
selengkapnya bisa download filenya langsung Silabus B. Indonesia SD K13 Revisi 2018

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel